SUDUTBERITA.com – Kutai Barat | Polres Kutai Barat melaksanakan Apel Siaga 1, dalam rangka mengantisipasi Hari Buruh Sedunia (May Day).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Irwan Yuli Prasetyo, S.IK. Rabu (01/05/19) pukul 08.00 Wib bertempat di halaman Mapolres Kutai Barat, Jln. Gajah Mada Barong Tongkok Kutai Barat.

Dalam sambutannya Kapolres Kutai Barat menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta apel yang sudah hadir.

AKBP Irwan Yuli Prasetyo menyebut pelaksanaan apel gabungan ini untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas,

 

 “Adapun tujuan dilaksanakannya Apel Gabungan Kesiapsiagaan ini ialah untuk mengantisipasi setiap potensi gangguan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Kutai Barat, walaupun situasi saat ini terbilang cukup kondusif kita jangan underestimate terhadap setiap situasi apapun.” ucap Kapolres Irwan.

Masih kata Kapolres, aksi mogok para buruh batal dilaksanakan,

“Adapun aksi mogok kerja yang direncanakan oleh serikat pekerja tertentu namun tidak jadi dilaksanakan hal tersebut karena sudah dilakukan penggalangan oleh Satuan Intelijen.” lanjutnya.

Di hari Buruh Internasional ini khususnya di Wilayah Kabupaten Kubar ada beberapa kegiatan positif yang dilaksanakan oleh para buruh, diantaranya kegiatan buka puasa bersama dan kegiatan – kegiatan olahraga. 

Apel Kesiapsiagaan Hari Buruh Internasional berakhir pukul 08.30 wita dan dirangkai dengan operasi Yustisi. 

Operasi Yustisi dipimpin langsung oleh Kapolres dan Wakapolres. Giat ini diharapkan guna menyadarkan masyarakat, bahwa saat ini Kutai Barat menjadi perhatian, karena merupakan  salah satu daerah dengan angka tertinggi paparan Corona Virus Disease (Covid) 19.
Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan protokol kesehatan serta menekan kasus terkonfirmasi Covid-19.

Adapun personel dibagi menjadi dua kelompok dengan sasaran Patroli wilayah Kecamatan Melak dan Kecamatan Linggang Bigung. 

Ditemui awak media di pasar Olah Bebaya Melak saat laksanakan operasi yustisi, Kasat Binmas Polres Kubar AKP Abdul Mutholib menegaskan bahwa karena  perintah dari atas, maka pihaknya bergerak. 

Saat ini, kata Tholib, Kubar merupakan salah satu kabupaten di Kaltim yang paling tinggi angka terpapar Covid-19.

“Tujuan utama turun ke tempat berkumpulnya masyarakat. Kami sosialisasikan agar warga patuh prokes. Utama wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, serta hand sanitizer, dan  menjaga jarak,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk menekan paparan Covid-19, maka masyarakat 16 kecamatan se-Kubar agar sadar dan patuh  prokes. Bersama menguatkan prokes guna mencegah dan mengantisipasi Corona.
“Tolong jaga jarak, tidak berkumpul, serta tetap memakai masker di manapun berada. Kami langsung sosialisasikan melalui operasi yustisi ketengah masyarakat,” ujar AKP. Mutholib. 

Sementara itu, kendaraan yang digunakan dan operasi yustisi :
2 unit truk Sat Samapta, 1 unit mobil Sat Samapta, 1 unit kendaraan Binmas, 2 unit kendaraan Sat Lantas, 2 unit Kendaraan Kodim 0912/KBR dan 1 unit truk Satpol-PP Kubar.

Hadir dalam giat ini; 
1. Kompol I Nyoman Wijana, S.Ag (Wakapolres Kubar)
2. Para Kabag, Kasat, Perwira Polres Kubar 
3. Kapten Inf. Hariyadi (Pasi Ops Kodim 0912)
4. Kapten Inf. Rahman S (Danramil Barong Tongkok)
5. Nasriwal M, S.sos., M.Si (Pasi Ops Satpol PP Kubar)
6. Anggota Polres Kubar 200 Personel
7. Anggota Kodim 0912/KBR 30 Personel
8. Anggota Satpol-PP Kubar 20 Personel.

(SB-PSB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *