SUDUTBERITA.com. Samosir – Bupati Samosir Rapidin Simbolon paparkan pariwisata Samosir pada kesempatan acara penandatanganan MoU dan MoA Kerja Sama Kampus STBA PIA dengan Pemkab Samosir, di Medan, Jumat 14 Agustus 2020

Dalam kata sambutannya, Ketua Yayasan STBA PIA yang juga ketua Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU), Fadjar Suhendra  menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bupati Samosir ke STBA PIA Medan.

Dalam kata sambutannya, Fadjar Suhendra, menyatakan Samosir memiliki potensi yang besar dalam investasi pariwisata dan pertanian. Selain itu, dia juga menyatakan kekagumannya atas prestasi Samosir menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Fajar Suhendra juga menyatakan, STBA PIA adalah sekolah non profit yang mendapat dukungan dana dari para pengusaha di Sumatera Utara terutama dari pengusaha Masyarakat Indonesia Tionghoa.

Prof. Berlin Sibarani (Ketua STBA PIA) mengungkapkan  Fadjar Suhendra  lebih dikenal pada bisnis pendidikan daripada bisnis lain yang dijalankannya. “Berbuat yang terbaik dan berkontribusi lewat pendidikan bangsa dan negara adalah pedoman hidupnya,” kata Berlin Sibarani.
STBA PIA mengelola dua Program Studi (Prodi) yaitu Sastra China dan Sastra Inggris. STBA berorientasi pada bisnis kualitas bukan bisnis lain.

Pada kesempatan itu, Bupati Samosir memaparkan melalui perkembangan terkini pariwisata Samosir terkini terutama perkembangan pembangunan infrastruktur yang akan dimulai tahun ini yaitu Jembatan Tano Ponggol dan Water Front City Pangururan serta situs-situs wisata lainnya.
“Dampak Covid-19 cukup mempengaruhi perkembangan pariwisata di Samosir,” ungkapnya.

Kita berharap, lanjut Rapidin Simbolon, Covid-19 segera berhenti dan pariwisata Samosir kembali berjalan dengan normal.

“Sejak dibukanya pariwisata 31 Juli 2020 lalu, banyak wisatawan nusantara yang berwisata ke Samosir dan saya langsung melakukan monitoring,” paparnya dengan semangat.

Secara interaktif, Rapidin Simbolon menjelaskan perkembangan pariwisata Samosir secara mendetail. Paparan ini disaksikan para pengurus yayasan, pembantu ketua, dosen, mahasiswa, dan staf STBA PIA Medan.

Pada acara tersebut ditandatangani MoU dan MoA kerja sama antara STBA dan Pemkab Samosir memberikan beasiswa untuk 10 orang mahasiswa setiap tahun untuk Program Studi Bahasa Inggris dan Mandarin. MoU ditandatangani oleh Ketua Yayasan STBA PIA Fadjar Suhendra dengan Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan MoA ditandatangani oleh Prof. Berlin Sibarani dengan Rikardo Hutajulu (Kadis Pendidikan Samosir).

Tindak lanjut MoU dan MoA, Pemkab Samosir akan mengirimkan tenaga-tenaga pariwisata untuk mengikuti Short Term Course (Kursus Jangka Pendek)  dengan durasi waktu enam bulan. Program ini sangat penting untuk mempersiapkan tenaga bidang pariwisata yang lebih profesional ke depannya.

Dalam kesempatan itu Bupati Samosir Rapidin Simbolon beserta rombongan menerima mobil microbus baru merk Isuzu dari PT Growth Sumatera Industri sebagai hibah untuk keperluan transportasi anak sekolah di Kabupaten Samosir.  Bupati Samosir didapuk menghidupkan mesin mobil sebagai tanda mobil telah diserahkan kepada Pemkab Samosir oleh STBA PIA Medan yang disertai tepuk tangan para pengurus yayasan dan rombongan Pemkab Samosir.

Hard’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *