SUDUTBERITA.com – Jakarta | Pasangan Olly Dondokambey, SE dan Drs. Steven O.E. Kandouw Sah pimpin Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2021-2024. 

Keduanya dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, periode 2021-2024 di Istana Negara Jakarta, Senin, 15/02/2021.

Berdasarkan Pleno Terbuka penetapan hasil penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Utara di Hotel Mercure, Tateli, Mandolang, Minahasa, Minggu, 20/12/2020, pasangan Olly Dondokambey, SE dan Drs. Steven Kandouw telah dinyatakan menang dalam Pemilukada yang digelar pada 9 Desember 2020 lalu dengan nomor urut 3. 

Olly dan Steven mengungguli lawannya dan meraih suara terbesar, dengan mengumpulkan 821.503 suara atau 57,10 persen. Disusul paslon nomor urut 1, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar meraih 491.457 suara atau 34,17 persen. Dan paslon nomor urut 2 Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Runtuwene meraih 125.627 Suara 8,73 persen.

Dalam pengangkatan sumpah dan janji yang terlihat melalui siaran langsung di media elektronik, serta melalui siaran yang dibagikan di sosial media, nampak Gubernur dan wakil gubernur terpilih, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw mengenakan pakaian resmi berdiri didampingi para rohaniwan. 

Masing-masing mengangkat tangan dan acungkan dua jari sambil mengikuti ucapan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo,
“Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur dan sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat,nusa dan bangsa,” ucap Olly dan Steven seirama mengutip ucapan Jokowi saat diambil sumpah dan janji.

Nampak hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Pimpinan Lembaga Negara, MPR, DPR, Menteri Kabinet Indonesia Maju. Turut hadir juga isteri Gubernur Sulut  Rita Tamuntuan dan isteri Wakil Gubernur Sulut dr Kartika Devi Tanos. 

(Samuel Tooy/Kaper Sulut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *