SUDUTBERITA.com Labura |Ditengah hujan yang mengguyur lebat Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab ) yang dikenal dengan Praja Muda Karana (Pramuka) Kabupaten Labura yang dikomandoi Hendriyanto Sitorus, SE, tetap rayakan HUT yang Ke-59 dengan kesederhanaan melakukan hening cipta.

Perayaan hari ulang tahun Pramuka ke-59 berthemakan “Peran Gerakan Pramuka Ikut  Membantu  Dalam  Penanggulangan Covid-19 Dan  Bela Negara”. 

Irwansyah Harahap, SPd, MPd, selaku sekretaris Kwarcab Labura, mengatakan, “Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu Utara dalam menjalankan roda organisasi telah melaksanakan orientasi kepada peserta didik sebagai kader atau generasi penerus yang akan melanjutkan secara  estafet kepemimpinannya. Tentunya,  dalam proses perjalanan tidaklah semudah membalikan telapak tangan.” terangnya.

Selanjutnya ia menhatakan, “Masih ada kendala dan hambatan yang mesti ditempuh, namun, kendala dan hambatan yang saat ini dirasakan adalah terkait  musibah Virus Corona secara Internasional, yaitu, Covid-19 , sehingga, agenda kegiatan tidak bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Meskipun demikian,  adanya Covid-19 dapat dijadikan momentum bagi peserta didik dan untuk lebih peka lagi harus tanggap terhadap situasi yang terjadi dapat dibuktikan dengan turut serta terjun ke lapangan guna  membantu masyarakat dalam tata cara mengantisipasi terjangkitnya covid-19. Dan momentum tersebut dapat membentuk jiwa nasionalisme dan patriotisme dengan melaksanakan kegiatan seperti, pembagian masker, pembagian hand sanitizer, melakukan penyemprotan desinfektan kepada masyarakat serta melakukan pembagian sembako bagi pembina pramuka yang kurang mampu akibat terdmpak Covid-19.” kata Irwansyah Harahap, Jumat,14/08/2020 di ruang kerjanya.

Sambung Irwansyah Harahap, “Dalam kondisi Covid-19 ini, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu Utara tidak banyak yang dapat dilakukan, hanya berharap, semoga kondisi saat seperti ini cepat berlalu sehingga  kita dapat melaksanakan aktivitas kita seperti semula. Dan meskipun demikian, Kwartir Cabang Labuhan Batu Utara melihat situasi dan kondisi saat ini tetap akan melaksanakan serta ikut mensukseskan agenda politik Nasional khususnya Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020 dan meningkatkan eksistensi ditengah-tengah  masyarakat dalam rangka mewujudkan Dasa Darma Pramuka berupaya mewujudkan Bumi Perkemahan Gerakan Pramuka Labuhanbatu Utara maupun mengoptimalkan pembentukan Saka di OPD (Organisaai Perangkat Daerah)  Kabupaten Labuhanbatu Utara sebagai wadah pengembangan minat baik itu bakat anggota muda gerakan pramuka yang telah berupaya menciptakan Kampung Pramuka Fokus dalam kegiatan kepramukaan serta berorientasi pada pembangunan di tengah – tengah  masyarakat sesuai dengan Trisatya Pramuka dan membentuk Pramuka yang sangat Peduli dalam Penanggulangan Bencana.” pungkas Irwansyah Harahap, SPd, MPd.

Sementara itu Hendriyanto Sitorus SE,  selaku Ketua Kwarcab Kabupaten Labura mengatakan, “Teruslah berkarya, teruslah belajar dan teruslah berpramuka, karena pramuka adalah karakter kita untuk menjadi pemimpin bangsa.  Tujuan pramuka adalah untuk memajukan bangsa, oleh karena itu, kita semua haruslah bersungguh-sungguh untuk memajukan bangsa kita, bangsa Indonesia.”

Hendri juga berpesan agar pramuka bisa menjadi contoh untuk masyarakat dalam masa pandemik COVID-19 ini. Seperti dalam wacana tata kehidupan baru, atau yang biasa kita sebut sebagai “New Normal”, pramuka haruslah menjadi garda terdepan agar menjadi suri tauladan.

(Fadli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *