SUDUTBERITA.com – Samosir

| Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten samosir merealisasikan Program 100 Hari kerja yaitu Sirtunisasi (pengerasan badan jalan dengan batu dan pasir) pada jalan Salaon Tonga ke Salaon Toba (Kecamatan Ronggurnihuta) Desa Parbaba Dolok (Kecamatan Pangururan) dan Desa Sitaotao (Kecamatan Sianjurmulamula). Informasi ini diterima dari Kepala Dinas PUPR Samosir melalui Sekretaris Dinas Edison Pasaribu. Senin 19 Juli 2021

“Yang dimana tujuan sirtunisasi ini untuk percepatan akses jalan agar biaya umum perjalanan menjadi rendah, dan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan agar pertumbuhannya tidak terhambat oleh kurang memadainya prasarana transportasi jalan,” kata Sekretaris Dinas PUPR Samosir.

Lanjut Edison, ia mengatakan,
“Peranan jalan pedesaan dapat berfungsi sebagai penghubung antar hunian (perumahan), antar desa, dan penghubung desa ke jalan lokal atau kolektor.” sebutnya.

Salah satu upaya pendukung pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati Samosir khususnya dalam hal bermartabat secara ekonomi adalah perbaikan infrastruktur jalan pedesaan khususnya transportasi hasil pertanian, atau akses desa wisata bagi para pelaku perjalanan wisata di Kabupaten Samosir.

Edison menjelaskan pembangunan jalan desa dikerjakan secara konseptual, gradual yang berkesinambungan,

“Pembangunan jalan pedesaan ini akan dikerjakan sesuai perencanaan pembangunan desa secara konseptual, gradual, dan berkesinambungan untuk tercapainya masyarakat Samosir yang sejahtera dan dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.” harap Edison mengakhiri.
(SB/Hard’s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *