SUDUTBERITA.com – Samosir

| “Angka konfirmasi positif di Kabupaten Samosir pada bulan Juli ini meningkat secara signifikan.” 

Hal itu disebut oleh Juru bicara Satgas Covid-19, Rohani Bakkara M.M. 

Lanjut Dia, katanya,
“Hingga Jumat angka konfirmasi positif aktif telah mencapai 356 kasus dengan 90 angka kesembuhan dan 801 kasus secara kumulatif. Ada sebesar 44.44% kenaikan angka kasus hingga minggu ketiga bulan Juli ini,” jelas Rohani. Jumat 16 Juli 2021

Sebelum lonjakan kasus tersebut, Forkompimda dan Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir dipimpin Bupati telah mengadakan rapat untuk mengatasi sekaligus mengantisipasi kemungkinan naiknya angka kasus pada hari-hari berikutnya. Rapat tersebut menghasilkan Instruksi Bupati (Inbup) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Surat Edaran (SE) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Adat Istiadat atau Pesta di Kabupaten Samosir.

Secara hirarkis, Inbup dan SE tersebut disampaikan kepada para camat sebagai kordinator kewilayahan untuk menindaklanjutinya pada tingkat desa hingga dusun. Segera para kepala desa, kepala Puskesmas, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas dengan melibatkan unsur-unsur kemasyarakatan lainnya melakukan upaya nyata di wilayahnya masing-masing, untuk menghadang Covid-19 agar penularannya tidak lebih meluas lagi secara massif dapat dikendalikan melalui penegakan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten. 

Ditambahkan oleh Jubir Satgas Covid-19, ia meneranhkan,
“Awal Juli 2021, Sekdakab Samosir Jabiat Sagala dan Kepala Dinas PPAMD Amon Sormin telah mengadakan penguatan melalui rapat evaluasi penanganan Covid-19 di seluruh kecamatan, untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada di desa upaya untuk penghadangan Covid-19 terutama pembiayaan kegiatan penanganan Covid-19 minimal sebesar 8% dari APBDes dengan dasar hukum Instruksi Mendagri Nomor 3 tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 melalui APBDes ditambah dengan produk-produk hukum lainnya terkait penanganan Covid-19.” tegas Rohani Bakkara.
(SB/Hard’s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *