SUDUTBERITA.com – Jakarta | Ketua umum LPI Tipikor, Aidil Fitri SH, menanggapi polemik terkait penunjukan mantan Napi Koruptor sebagai Komisaris BUMN.

Adapun hal-hal yang menjadi pertimbangan adalah;

1. Dasar
Penunjukkan mantan narapidana kasus Korupsi Emir Moeis sebagai Komisaris PT Pupuk Iskandar Muda yang merupakan anak perusahaan BUMN PT Pupuk Indonesia.

Apa dampak politik?

Terkait Polemik Penunjukan Mantan Napi Koruptor Sebagai Komisaris PT Pupuk Iskandar Muda yang merupakan anak perusahaan BUMN PT Pupuk Indonesia terhadap persepsi masyarakat kepada kinerja pemerintah. 

Apa dampak ekonomi?

Polemik Penunjukan Mantan Napi Koruptor Sebagai Komisaris PT Pupuk Iskandar Muda yang merupakan anak perusahaan BUMN PT Pupuk Indonesia terhadap pengelolaan BUMN

2. Secara hukum tidak bermasalah

2.1. Setiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan yg layak sebagaimana hak konstitusional warga negara.
2.2. Yang bersangkutan bukan mantan terpidana yang mendapatkan hukuman tambahan pencabutan hak politik. Dalam sanksi pencabutan hak politik, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi pada tahun 2009, terdapat batasan berupa mantan napi yang dicabut hak politiknya masih bisa menggunakan hak konstitusionalnya untuk dipilih dan memilih’ tetapi tidak bisa menduduki jabatan yang bersifat penunjukan atau pengangkatan  langsung.

3. Secara normatif tidak bermasalah

Tetapi secara etika kekuasaan akan memicu ketidakpercayaan Rakyat terhadap dampak yang semestinya setiap orang yang terlibat dalam kasus korupsi harus di berikan efek jera, baik secara hukum maupun moral agar problem integritas pejabat negara yang pernah dipidana.

Karena masalah korupsi ini semestinya harus dipertimbangkan untuk menduduki jabatan penting di Perusahaan milik negara oleh kementerian yang berwenang. 
Dalam hal ini menteri BUMN yang tujuannya agar ada kepercayaan  rakyat kepada pemerintah. Saat ini serius memberantas korupsi di NKRI. 

(SB/Rilis/AIDIL FITRI, SH KETUM LPI TIPIKOR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *