SUDUTBERITA.com – Jakarta 

| “Team DPP LPI TIPIKOR RI temukan dugaan banyak pengusaha pupuk tanpa ijin dan libatkan Aparat di wilayah jalur pantura Tuban, Lamongan dan Gresik. Provinsi Jawa Timur. Ini sangat meprihatinkan dan sangat disayang kan.”

Hal tersebut disampaikan Aidil Fitri SH, Ketua Umum DPP LPI TIPIKOR RI Jakarta.

Menurut Aidil, banyak laporan yang masuk ke kantornya, tentang pengusaha nakal seperti PT & CV yang diduga tidak tertib dalam melaporkan usahanya atau tidak mengantongi ijin usaha ke Pemerintah Daerah maupun Provinsi (Jatim).
“Atas laporan dugaan pelanggaran tersebut DPP LPI Tipikor menurunkan team. Dalam Perjalanannya, selama beberapa bulan turun ke lapangan untuk memantau, team yang diketuai Moch. Hasan SH, menemukan banyak pengusaha nakal seperti PT & CV yang diduga tidak tertib melaporkan usahanya (tidak ada ijin) ke Pemerintah Daerah maupun Provinsi (Jatim).
Bahkan ada indikasi keterlibatan Aparat,” sebut Aidil.

Masih kata Aidil, terkait  pengusaha yang memproduksi pupuk Phoska di wilayah sisi Utara Kabupaten Gresik tersebut, “Seharusnya pengusaha pupuk sebelum beroperasi wajib mengantongi izin sesuai aturan pemerintah.” tegasnya, Jumat 5/2/2021

Secara terpisah saat dikonfirmasi Moch. Hasan Ketua team DPP LPI TIPIKOR RI Jatim menyatakan, saat melakukan investigasi menemukan lokasi gudang produksi pupuk phoska  milik H. Amin diduga tanpa ijin, 
“Pada Hari Jumat 05/01/2021, ketika dimintai klarifikasi usahanya, pemilik tempat produksi pupuk tersebut menyampaikan bahwa ijin usahanya sudah lengkap, tapi surat ijinnya masih dalam proses. Dan mengaku sudah (atensi) ke pihak oknum Polres Gresik dan Polda Jatim Unit Tipiter,” ungkap Hasan.

Moch. Hasan SH, Ketua LPI Tipikor Jatim
Moch. Hasan SH, Ketua LPI Tipikor Jatim

Seperti yang ada di video berdurasi 3:23 menit, menurut H. Amin, 

“Saya ada ijinnya mas, saya ini LEGAL, ya Mas..??? Bukan ilegal. 
Yang ngurus surat perijinan orang Gresik, coba bapak bertanya langsung ke Polres Gresik dan Polda Jatim di Tipiter ” tutur H. Amin.

Lebih lanjut Ketua Team Investigasi (Jatim), menjelaskan kepada Wartawan SUDUTBERITA.com, “Saat menjalankan tugasnya, semua team sudah dibekali Surat Tugas Lengkap dari DPP LPI TIPIKOR RI JAKARTA Pusat.” tegasnya kepada awak media.

“Kami sebagai Kontrol dan pengawasan di Lembaga LPI TIPIKOR RI apabila mengetahui usaha maupun pengusaha nakal yang merugikan Negara, maka kami akan bertindak dan melaporkan ke pihak Pemerintah sesuai fungsi kami.” tegasnya (hsn priya sakti )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *