Sudutberita.com, Lombok Barat (NTB) – Study banding yg di laksanakan oleh SKB dan PKBM Lombok Barat, dengan tujuan Malang akan di laksanakan selama 3 hari, study banding tersebut diperakarsai oleh pengurus forum pusat kegiatan belajar masyarakat (FK- PKBM) Lombok Barat di bawah pimpinan Haji Majhur, M.Pd. rombongan berangkat pada hari Jumat, 17 Januari 2020, pukul 06.30 wita menggunakan Lion Air dan kembali pada hari minggu, 19 Januari 2020 dengan jadwal penerbangan sore hari.

Rombongan terdiri dari kepala SKB dan pengurus PKBM sebanyak 23 orang pengurus. Ikut juga pada kegiatan study banding tersebut Kabid Paud Dikmas, Dikbud Kab.Lombok Barat Hj. Rosdiana, SE dan beberapa orang kasi diantaranya Hj.Jadiah, S.Pd dan Harun Arrasyd, S.Ag.

Agenda pertama pada hari sabtu rombongan akan mengunjungi lembaga PKBM Kriida Taman Dewasa yang ada di Malang.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya study banding tersebut adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pegurus-pengurus PKBM Kab.Lombok Barat sehingga dengan di laksanakannya study banding ini, para pengurus bisa meningkatkan dan mengembangkan lembaga PKBM.

Walau beberapa hari yang lalu sempat terjadi penolakan dari Forum PKBM Indonesia dan jajarannya di seluruh Indonesia terhadap perpres no 82 Tahun 2019 ttg Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang tidak mencantumkan lagi adanya Dirjen Paud Dikmas, Dirjen kursus dan Pelatihan, Dirjen Pendidikan Keluarga secara tersendiri, bahkan digabung ke dalam Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Namun pengurus PKBM Lombok Barat tidak patah semangat, sehingga ke depan lembaga PKBM yg menjadi tumpuan dan harapan terakhir dari masyarakat yg tidak sempat dan tidak mampu mengenyam pendidikan formal tetap exis dan percaya diri untuk mengembangkan keberlangsungan lembaga PKBM.

Seperti yang di tuturkan oleh Haji Majhur, M.Pd selaku ketua forum PKBM (FKPKBM) Lombok Barat, agar PKBM bisa exis untuk mendapatkan program yang di harapkan.

Dengan diadakannya study banding ini ketua-ketua PKBM lebih percaya diri dalam menjalankan program pauddikmas. Ikut juga dalam rombongan study banding ke Malang dmketua Forum PKBM NTB, Lalu Nasrullah, W.K, S.P., MH,

Kesan yang timbul disampaikan oleh ketua lembaga PKBM Krida Taman Dewasa yang menjadi tujuan study banding tersebut, disampaiakan ucapan terima kasih dan bersyukur atas kepercayaan untuk di kunjungi, silahkan ambil yang baik baik aja, berharap penyelenggaraan program Dikmas tetap berlanjut demi keberlangsungan belajar merdeka sesuai motto mas menteri.

Dengan kunjungan yg dilaksanakan oleh pengurus-pengurus PKBM Lombok Barat, sehingga kunjungan ini akan mempererat tali silaturrahim dan bisa saling tukar menukar pengalaman dan informasi demi kemajuan lembaga PKBM di kemudian hari.

Di sela sela keberangkatan pulang dari Malang menuju bandara surabaya, dalam perjalanan diatas mobil ada harapan dari salah seorang kasi,yang mewakili teman teman lembaga yaitu Harun Arrasyd, S.Ag mengharapkan semoga ibu kabid masih bisa bersama teman teman lembaga, paling tidak sampai hari aksara nasional (HAN), di karenakan ada berita yang belum pasti bahwa ibu kabid paud dikmas akan di mutasi. kedekatan ibu kabid dengan semua ketua-ketua PKBM maupun lembaga-lembaga PAUD yang menaungi TK, KB dan SPS, begitu juga dengan steakhokder yg ada, sehingga menyebkan merasa berat untuk di tinggal, namun sekiranya mutasi ibu kabid tersebut betul dan benar terjadi, itu menunjukkan demi kemajuan dan peningkatan karier dari ibu kabid yang selalu dekat dan memperhatikan semua program yang. Berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUDDIKMAS) *(the_spr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *